Rabu, 18 Juli 2018

Suzuki APV Punya Pasar Tersendiri


Suzuki APV Punya Pasar Tersendiri - Suzuki APV sendiri sekarang sudah  bertransformasi menjadi komoditas utama Suzuki dalam lebih dari 10 tahun terakhir ini, dan ngomong – ngomong masalah Suzuki APV, sejatinya sampai hari ini belum ada kabar apapun mengenai kehadiran unit model terbarunya, Karena kini Suzuki APV posisinya sudah cukup settle dan punya pasarnya tersendiri.


Sebelum membahas mengenai kondisi penjualan dari Suzuki APV pada saat ini, kita akan mulai dengan membahas latar belakang dari mobil yang bentuknya mirip roti tawar ini. Suzuki APV hadir pertama kali di Tanah Air pada tahun 2004 silam, di kala itu pihak Suzuki Indonesia menjelaskan bahwa nama APV sendiri merujuk pada akronim All Purpose Vehicle. Dari arti namanya, kita tahu bahwa tujuan utama mobil ini adalah untuk mobilisasi baik manusia maupun barang, sehingga tak mengherankan jikalau bentuknya mengotak. Bentuk mengotak ini sendiri memberikan sebuah kelebihan utama di dalam hal ruang kabinnya yang sangat luas untuk mobil di kelasnya kala itu pada jamannya, desain dari Suzuki APV bisa dikatakan cukup modern, karena sejatinya desain ini bisa dikatakan sangat melompat jika dibandingkan rivalnya seperti Mitsubishi T120ss, Daihatsu Espass, apalagi saudara kecilnya, Suzuki Carry GX Realvan.



Praktis, pada masa itu Suzuki APV menjadi opsi yang sangat menarik bagi beberapa segmen konsumen. Baik konsumen untuk penggunaan pribadi yang ingin mengangkut banyak sanak keluarga, maupun pengusaha yang ingin memuat barang namun masih tampil stylish dengan model mobil baru, hingga perusahaan travel dan juga rental – rental mobil. Padahal, Suzuki APV tak bisa dikatakan nyaman untuk ditumpangi, karena suspensinya yang cenderung mental mentul. Pun begitu dengan mesin yang menurut beberapa penggunanya terbilang tak irit, dan pengendaraannya yang jauh dari kata asyik. Namun memang poin – poin tersebut bukanlah nilai jual utama dari Suzuki APV, melainkan ruang kabin ekstra lega dan sosok yang cukup jangkung sehingga lebih memantapkan diri melibas genangan air walaupun sejatinya masih menggunakan mesin di bawah jok pengemudi.

Pada model awalnya, Suzuki APV hadir dengan 5 pilihan trim, Blindvan, GA, GE, GL, dan GX. Perlahan namun pasti, Suzuki APV mulai berbenah, apalagi dengan kehadiran Daihatsu Grandmax dan Daihatsu Luxio di tahun 2007, pihak SIS juga melakukan facelift pada Suzuki APV yang menghadirkan sosok Suzuki APV Arena dengan opsi trim baru yaitu tipe SGX yang menggunakan jok tengah captain seat, mengalahkan MPV merk sebelah yang menggunakan pintu geser otomatis. Tahun 2009, Suzuki APV juga kembali berbenah dengan menyasar kalangan yang lebih ‘mapan’ dengan menghadirkan Suzuki APV Arena Luxury yang menggunakan velg berukuran 15 inci dan 17 inci yang lebih catchy, apalagi dengan skema warna putihnya.


Dengan sejarah yang cukup panjang tersebut, lalu apakah saat ini Suzuki APV sudah terlupakan? Mungkin iya bagi beberapa orang, dan oleh karenanya kami tertarik untuk membahas kondisinya saat ini. Tingginya persaingan di segmen LMPV, dan tak jauhnya selisih harga Suzuki APV dengan segmen tersebut memang membuat posisi Suzuki APV menjadi minor. Namun bagaimana dengan penjualannya? Secara wholesales sendiri Suzuki APV mampu membukukan angka 1.767 unit sepanjang bulan Januari hingga Mei 2018 ini, dimana pengiriman tertinggi ada di bulan April 2018. Angka tersebut tidaklah buruk untuk mobil yang secara fitur dan model sudah tertinggal. Jika melirik wholesales tahun 2017, Suzuki APV malah mampu membukukan 5.149 sepanjang tahun. Capaian tersebut tentunya sangat positif, walaupun nampaknya memang akan berkurang di tahun ini berkat sengitnya pasar LMPV.


Info : Spesifikasi Suzuki Mega Carry 2018

Rupa-rupanya Suzuki APV akan bergabung bersama beberapa produk timeless lainnya seperti Mitsubishi T120SS, Mitsubishi L300, Daihatsu Grandmax, dan bahkan Suzuki Carry GX yang masih mengandalkan model lawasnya walaupun sudah berumur lebih dari sedekade. Suzuki Carry GX, mobil ini juga spesial, karena unitnya masih dijual sampai saat ini, namun pemesanannya by order bak mobil mewah.

– Untuk Info Harga,Kredit dan Promo Hubungi Sales Dealer Suzuki Bandung :

GERRY
Call / WA : +62 821 1541 4446
email : gerry@suzuki-bandung[dot]com

BONI
Call / WA : +62 82 1219 47360
email : sunandar.boni@gmail.com