Daihatsu Alya Turbo Concept 2018


Daihatsu Alya Turbo Concept 2018 – Kalau membahas tentang mobil konsep tidak pernah ada babisnya. Walaupun seringkali ditunjukkan melalui mobil konsep super futuristik, tak jarang model mobil saat ini juga dibuat menjadi landasan mobil konsep.


Masalah ini biasanya dibuat sebagai pembuktian engineer untuk melihat potensi sejauh mana mobil dapat dikembangkan. Dan para Engineer PT Astra Daihatsu Motor sukses melakukan urusan tersebut dengan Daihatsu Ayla Turbo Concept.

Diperkenalkan pada festival Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 yang proses rancang pembuatannya dipimpin oleh Mark Widjaja sebagai Chief Designer PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengangkat rancangan Thrilling Simplicity.

Untuk bagaian Eksterior Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 bisa dibilang mendapati perubahan cukup drastis, khususnya dengan penambahan paket aero yang masif. Alhasil mobil yang membawa warna two tone merah dan hitam ini tidak cuma semakin terlihat seperti mobil balap, tapi juga dapat menghasilkan peningkatan performa lebih baik.

- Bagian Depan Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018

 



Tampak depan Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 masih mengusung bentuk yang sama dengan Daihatsu Ayla 1.2R MT. Hanya saja ubahan signifikan terasa saat melihat area grille berkelir hitam yang kini mendominasi area bumper depan hingga mendekati skid plate.

Pada sisi samping bumper depan juga disematkan lubang aero untuk pendinginan rem ban depan. Dan ubahan pada area bodi depan dikerjakan menggunakan material carbon fibre. Nice!

- Bagian Samping Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018

Tampak samping Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 mengisyaratkan kesan lebih berotot. Hal ini disebabkan oleh pergantian panel fender depan dan belakang, dimana di bawah fender tersebut disematkan ban Archilles berkonfigurasi 195/50 R15 dengan velg aluminium keluaran Fortis. Dan demi mengejar efisiensi bobot, pada area kaca samping semuanya sudah diganti menggunakan kaca polycarbonate.

- Bagian Belakang Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018

 
Tampak belakang Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 memang sekilas tidak memiliki perbedaan signifikan dengan Daihatsu Ayla generasi terkini. Namun engineer Daihatsu merombak dari segi bumper belakang dengan menambah aksen diffuser belakang, serta stoplamp model F1 yang berada di tengah diffuser tersebut.

Pada Bagian Interior Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018, Sekalipun mobil konsep ini masih dalam tahap development belum mendapatkan kesempatan mengakses bagian interior mobil ini, akan tetapi berdasarkan pemantauan sekilas melalui kaca pintu samping terlihat beberapa detil ubahan penting di mobil konsep ini.


Secara garis besar, pendekatan khas mobil balap dilakukan di Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018. Seluruh area di dalam kabin ditanggalkan, hanya menyisakan dashboard Ayla dengan panel AC dan audio yang ditutup. Sebagai gantinya, pada area panel audio digantikan menjadi sistem ignition switch dan engine cut-off khas mobil balap.

Info Kredit Dahatsu Ayla 2018.



Mobil konsep ini hanya menyediakan kursi untuk pengemudi saja, dengan model full bucket seat keluaran Sparco. Adapun setir sudah berganti menggunakan setir sport keluaran Sparco.

Akan tetapi mesin yang digunakan pada Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 secara tersembunyi mengungkapkan figur performa ‘200 ps’ atau 197 dk, pada dasarnya jantung mekanis Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 masih setia pakai mesin 3NR-VE. tetapi mobil ini mengalami perubahan besar dengan mengadopsi low compression piston, external fuel injector, serta sistem piggyback.

Hadir juga open filter, intercooler dan oil cooler tambahan yang bertugas memberikan suplai udara lebih kepada mesin, turbo, serta mendinginkan oli. Adapun untuk sistem knalpot sudah dirancang  semua dirancang dengan konfigurasi free flow sehingga semakin minim hambatan.

Penyebutan ‘Turbo’ pada mobil konsep ini bukan hanya isapan jempol semata. Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 menggunakan teknologi ‘rumah keong’ yang di-set mempunyai settingan High Boost di 1 bar, dan spool up di 2.700 rpm.


Baca juga : Motif All New Xenia Berbasis DN Multisix

7 bulan proses development Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 memang tidak bisa dibilang 100% sempurna. Masih banyak bagaian di mobil ini yang dapat dimaksimalkan potensinya, sekalipun dalam kondisi mobil konsep yang diperkenalkan di GIIAS 2018 pun sudah terlihat bahwa mobil kompak pada segmen Low Cost Green Car (LCGC) ini sanggup untuk menjadi sebuah mobil balap kompak.

Tentu saja apresiasi besar patut kita berikan kepada para engineer di Research and Development dari PT Astra Daihatsu Motor, yang berani berkreatifitas menciptakan sebuah mobil konsep yang sangat advance dari sudut teknis sampai ke bagian penampilan. Semoga langkah yang dilakukan Daihatsu ini ikut memacu kreatifitas para engineer di Indonesia untuk mulai berani menciptakan pendekatan kreatifitas yang cukup advance layaknya Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018. Untuk info lebih lengkap silakan hubungi Sales Dealer Daihatsu Bandung - Eris Suryanata Call / Wa : +62 821 2772 5181

Komentar