20 Tahun Perjalanan Toyota Yaris


20 Tahun Perjalanan Toyota Yaris - Tak di sangka si imut Toyota Yaris sudah berumur 20 tahun. Mari kita simak perjalanan hatchback yang terkenal ini, semenjak hadir perdananya di Paris Motor Show 1998 silam. Pas 20 tahun silam, tepatnya di Paris Motor Show 1998 Toyota Yaris hadir untuk pertama kalinya di hadapan publik. Dimana, sebagai metode untuk merayakannya Toyota merilis edisi spesial Toyota Yaris Y20 dan akan tampil di Paris Motor Show tahun ini.


Secara fisik, Toyota Yaris Y20 dapat dibedakan melalui kehadiran nuansa abu-abu pada sejumlah ornamen. Mulai dari pelek 16-inci 10-jari, gril, spion, hingga area sekeliling lampu kabut. Lhat Harga Toyota Yaris G, dan juga dilengkapi antena sirip hiu dan emblem khusus Y20 di belakang. Untuk interior, juga diberi nuansa abu-abu pada konsol tengah, kemudi dan lapisan jok. Juga ada kisi AC, speaker, panel instrumen serta tuas persneling krom.

tak banyak pihak menyangka bahwa 20 tahun kemudian Toyota Yaris akan menjelma menjadi salah satu model terpopuler di dunia. Bahkan kini, memiliki tiga versi berbeda disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing region. Nama Yaris sendiri diambil dari Charis, salah satu dewi dalam mitologi Yunani. Seperti apa kisah perjalanan 20 tahun Toyota Yaris?

1. Yaris Generasi 1 (1999 – 2005)

Sebelum tampil dengan nama Toyota Yaris, cikal bakal hatchback kompak tampil di Frankfurt Motor Show 1997 dan Tokyo Motor Show 1997 dengan nama Toyota Funtime Concept. Model ini kemudian menjelma menjadi Toyota Yaris generasi I, menggantikan Toyota Starlet sebagai model hatchback andalan Toyota.

Dengan menggunakan platform P terbaru (XP10), Toyota Yaris generasi I hadir dalam bentuk Hatchback 3 dan 5 pintu dengan wheelbase yang lebih panjang tetapi panjang total lebih pendek dari pada Starlet P90 yang masih diproduksi pada waktu itu. Ikut hadir dalam generasi pertama, versi utilitas dinamai Toyota Yaris Verso alias Fun Cargo. Merupakan penjelamaan dari konsep Funcargo yang juga tampil di TMS 1997 bersama dengan Funtime.

Di Australia, beberapa negara Asia, dan Canada, Yaris disebut Echo Hatchback yang dijual bersama-sama Echo Sedan berbasis Platz. Selain digunakan oleh Vitz / Yaris, Platz / Echo, dan Fun Cargo / Yaris Verso, platform P baru generasi pertama ini juga dipakai oleh WiLL Vi, bB / Scion xB, Vios, Probox / Succeed, ist, WiLL Cypha, dan Sienta. Sempat muncul studi beratap terbuka yang sayangnya tidak jadi diproduksi. Info Harga Kredit Toyota Yaris 2019.

Toyota Yaris Generasi 2 (2005 – 2013)

Bentuknya yang bulat membuat Toyota Yaris generasi 2 berkode XP90 akrab dijuluki sebagai “Yaris Bakpau”. Pada generasi ini, nama Echo tidak lagi digunakan dengan versi Jepang tetap dinamai Toyota Vitz.

Generasi ke-2 menjadi model pertama Toyota Yaris dijual di Indonesia pada 2006, delapan tahun setelah Starlet dihentikan produksinya. Di Indonesia dipasarkan dengan model grade E, S, dan S Limited, semuanya hadir dengan mesin 1NZ-FE yang terkenal irit dan bandel.

Selain versi 5-pintu, Yaris generasi 2 juga hadir dalam versi 3-pintu. Serta Yaris Sedan yang kita kenal dengan nama Toyota Vios, juga dipanggil Toyota Belta di Jepang.

Toyota Yaris Generasi 3 (2011 – Sekarang)

Pada generasi ini evolusi Toyota Yaris dipecah menjadi dua cabang. Cabang pertama adalah model dijual di Eropa dan Amerika dan duduk di atas platform XP130. Sementara model kedua, Toyota Yaris versi Asia ber-platform XP150. XP130 diperkenalkan pada Desember 2010 di Jepang, masih dipanggil Toyota Vitz di sana. Sementara Eropa baru mendapatkannya setahun kemudian. Adalah XP130 menjadi basis model Toyota Yaris Y20

Toyota Yaris XP150 menyusul belakangan pada akhir 2013. Penampilannya berbeda total dengan Toyota Yaris versi Eropa. Terlihat lebih gagah dengan moncong lebih panjang. Sempat muncul versi crossover dikenal di Indonesia dengan nama Toyota Yaris Heykers pada 2016. XP150 juga memiliki beberapa model turunan seperti Toyota Vios dan Yaris Attiv.

masih ada Toyota Yaris Sedan berbasis Mazda2 yang dijual di wilayah Amerika Utara dan Meksiko. Lucunya di Amerika, Toyota Yaris Sedan ini malah lebih laris dibandingkan versi hatchback.

Pada generasi 3 ini, secara khusus contoh Eropa Toyota mengerjakan sejumlah studi kepada Toyota Yaris. Paling ekstrem, tentu wujud bernama Toyota Yaris Hybrid-R yang diberikan metode hybrid milik mobil balap Le Mans Toyota TS040 Hybrid. Dipadu dengen mesin 1.600 cc turbo, Yaris Hybrid-R layak disebut monster lantaran sanggup menelurkan tidak kurang dari 414 dk! Malahan pada tahun 2015, PT Toyota-Astra Motor juga mengerjakan studi kepada Toyota Yaris XP150 dengan menampakkan Yaris Legian. Yakni satu-satunya Yaris generasi 3 dengan atap terbuka.

– Informasi Promo & Diskon, silahkan hubungi kami Sales Toyota Bandung :

YULIA
Call / WA : 0812 2112 0026


INSAN
Call : 082217229668
Wa : 087862222559

Komentar