Taman Wisata Gunung Papandayan


Taman Wisata Gunung Papandayan - Gunung Papandayan yang memang sudah tak asing di dengar bagi yang seneng hiking dan camping. Gunung Merapi masih aktif ini menyuguhkan keindahan alam yang mempesona yang sayang untuk dilewatkan disaat sedang berlibur ke Garut Jawa Barat. Daya tarik dari Gunung papandayan adalah adanya beberapa kawah yang terkenal seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak,Kawah Manuk yang mana Kawah-kawah itu mengeluarkan uap dari dalamnya.


Taman Wisata Gunung Papandayan merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Sirnajaya dan Kramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tempat wisata alam tersebut memiliki pemandangan alam yang mempesona dengan hamparan bunga Edelweiss, dengan ketinggian kurang lebih 2.666 mdpl. Kata Papandayan bermula dari cerita rakyat sekitar yang konon mendengar suara gaib disaat melintas gunung, suara itu terdengar seperti seorang pandai besi yang sedang membuat perkakas besi.

Daya Tarik Wisata

1. Kawah

Papandayan salah satu gunung api masih aktif dengan kawah-kawah identik berpindah-pindah dengan acak. para pengunjung bisa melihat kawah-kawah tersebut secara dekat. Teradapat 14 kawah dan yang paling besar ialah kawah Mas dengan lebar kurang lebih 150 meter. Kawah ini bergemuruh layaknya suara mesin pesawat jet. Dari 14 kawah ini masing-masing kawah mengeluarkan asap yang berberda-beda ada yang berwarna hijau ada juga yang berwarna emas. Udara disekitar kawah cukup panas, sehingga disarankan untuk memakai baju dengan bahan yang dingin. Selain menikmati kawah disana pengunjung juga dapat menemukan hamparan bunga Eidelweiss (anaphalis javanica). Sebagian orang percaya bahwa air yang ada dikawah ini dapat digunakan sebagai obat yang paling mujarab bagi penyakit kulit.

Baca Juga : Paket Wisata Outbound Grafika Cikole

2. Hutan Mati

Hutan mati berada di area berkemah Pondok saladah yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki, juga merupakan area yang hampir tidak terlewatkan oleh para pengunjung untuk berfoto dan melihat keindahan area hutan mati tersebut.

3. Sunrise

Para pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit di area tebing Sunrise, area Hutan Mati dan area Tebing berkemah Hober Hoet.

4. Area Berkemah

Memiliki 3 area berkemah yang populer diantaranya :
  • Bumi perkemahan
Bumi perkemahan adalah area berkemah dengan latar belakang Kawah Gunung Papandayan dan memliki sungai kecil dengan air yang bersih. Tempat tersebut di rekomendasikan untuk kemah keluarga.
  • Gober Hoet
Lokasinya berada setelah pintu lawang angin, yang merupakan area terbuka dengan pemandangan ke arah kawah, kota Garut dan Gunung Cikuray.
  • Pondok Saladah
Berposisi berdekatan dengan area Hutan Mati yang terdapat sumber mata air yang dapat dipakai untuk persediaan air minum.
  • Curug Hejo
Berada di area bawah Hutan Mati memiliki air berwarna hijau, terdapat juga air terjun bertingkat dengan kolam air jernih yang menarik untuk dikunjungi.

Fasilitas

– Kolam Rendam Air Panas
– Wacth Tower (Menara Pandang)
– Selfie Area
– Penginapan
– Restoran & Kantin
– Mesjid

Nah, itulah sedikit info tentang Taman Wisata Gunung Papandayan yang bisa kami sampaikan, yang bisa dijadikan acuan sebagai bahan pertimbangan sebelum berlibur ke Garut. Namun jangan salah, selain di Garut banyak juga Tempat Wisata di Bandung yang mampu mengisi liburan Anda dengan keseruan dan pesona alam mempesona yang akan membuat Anda betah dan sayang untuk di tinggalkan.

Info paket wisata dan outbound terbaru klik Outbound Bandung

Komentar