Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan


Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan - Apakah anda sedang bingung memilih menggunakan rangka kayu atau rangka baja konvensional untuk atap rumah? Nampaknya saat ini keduanya bukan lagi pilihan terbaik. Dalam dunia properti dan konstruksi, saat ini justru rangka atap baja ringan yang menjadi primadona.



Sifat dasarnya yang ringan tetapi kuat membuat rangka atap baja ringan bisa mengungguli rangka kayu ataupun rangka baja konvensional. Jadi anda tertarik untuk menggunakan rangka atap baja ringan? Sebaiknya kamu ketahui lebih dulu apa saja kelebihan konstruksi material yang satu ini, langsung saja simak penjelasan mengenai keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan konstruksi baja ringan.

1.Rangka atap baja ringan memiliki kekuatan tegangan tarik yang tinggi

Apakah kamu sedang bingung memilih menggunakan rangka kayu atau rangka baja konvensional untuk atap rumahmu? Nampaknya saat ini keduanya bukan lagi pilihan terbaik. Dalam dunia properti dan konstruksi, saat ini justru rangka atap baja ringan yang menjadi primadona. Sifat dasarnya yang ringan tetapi kuat membuat rangka atap baja ringan bisa mengungguli rangka kayu ataupun rangka baja konvensional.


Jadi tertarik untuk menggunakan rangka atap baja ringan? Sebaiknya kamu ketahui lebih dulu apa saja kelebihan konstruksi material yang satu ini. Yuk, langsung saja simak penjelasan mengenai keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan konstruksi baja ringan.

2.Rangka atap baja ringan memiliki kekuatan tegangan tarik yang tinggi

Karena sifat materialnya yang ringan pemasangan rangka atap baja ringan dapat menghemat waktu dan biaya pengerjaan. Selain karena bobotnya yang ringan sehingga mempermudah proses konstruksi, rangka atap baja ringan juga memiliki sistem sambungan yang tidak terlalu rumit.

Sambungannya bisa berupa skrup, baut, keling ataupun las. Sistem sambungannya ini juga membuat rangka atap baja ringan atau kanopi baja ringan mudah untuk dirangkai dengan ke konstruksi lainnya seperti beton atau kayu.


Bentukan rangka atap baja ringan bervariasi, bisa dibuat mengikuti berbagai model atap
Rangka atap baja ringan tetap bisa dibentuk menjadi berbagai model atap, hanya saja bentukan rangka atap baja ringan, harus disesuaikan dengan pembebanan yang akan ditumpu rangka atap tersebut.

Jika kamu ingin memastikan kekuatan rangka desain atap baja ringan, maka jarak antar baja ringan yang digunakan sebaiknya dibuat semakin rapat pada saat pemasangan. Maksimal kerenggangan antara baja ringan yang satu dengan yang lainnya adalah 150 cm.

3.Biarpun terbuat dari bahan logam rangka atap baja ringan ini anti karat

Menggunakan rangka atap baja ringan bukan hanya membuatmu terhindar dari serangan rayap. Baja ringan penyusun rangka atap terbuat dari material logam yang anti karat, lho. Sebuah keuntungan untuk kamu yang ingin membuat desain atap dengan rangka atap baja ringan tampil terekspos karena tidak perlu melalukan finishing secara berkala.

Baca juga : Pagar Rumah Minimalis

4.Rangka atap baja ringan memiliki ketahanan jangka panjang

Terbuat dari logam membuat rangka atap baja ringan memiliki kualitas ketahanan yang baik. Rangka atap baja ringan tidak mudah lapuk dan menyusut karena perubahan cuaca. Namun, kamu bisa saja terkecoh dalam menentukan kualitas baja ringan yang baik.

Kualitas baja ringan yang baik seharusnya tidak terlalu ringan atau terlalu lentur. Dan untuk menentukan jenisnya, jenis baja ringan zincalume lebih baik dibandingkan jenis baja ringan galvanine.

5.Material baja dari rangka atap baja ringan bisa didaur ulang

Apabila rangka atap baja ringan dibongkar, material bajanya masih bisa kamu manfaatkan untuk membuat konstruksi bangunan lagi. Sifat daur ulang ini membuat penggunaan rangka atap baja ringan turut mendukung program pemerintah dalam perawatan lingkungan sekaligus menjaga kelestarian hutan dan jenis kayunya (misalnya seperti kayu ulin) karena mengganti material kayu dengan baja ringan.

6.Bisa digunakan untuk berbagai jenis penutup atap

Menggunakan rangka atap baja ringan bukan berarti kamu hanya bisa menggunakan penutup atap atau genteng yang terbuat dari bahan logam saja, seperti genteng metal. Kamu tetap bisa menggunakan berbagai jenis genteng lainnya seperti keramik, asbes, kaca, dan jenis genteng beton. Hanya saja semakin berat bobot gentengnya semakin banyak baja ringan yang digunakan.

Setelah mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh rangka atap baja ringan tidak heran, ya banyak orang yang beralih menggunakan konstruksi ini untuk membangun rumah mereka.

– Untuk informasi dan konsultasi tentang tangga minimalis, segera hubungi kami :

Call : 0821 2427 0319
Wa  : 0821 1733 6461

Bengkel Las Bandung

Komentar